Beranda / Berita / Tirakat Untuk Mengenang Jasa Pahlawan
Tirakat Untuk Mengenang Jasa Pahlawan
Senin 24 Juli 2017

Gagaksipat - Bangsa Indonesia memiliki makna khusus dan mendalam akan Bulan Agustus. Hal tersebut tak terlepas dari peristiwa kemerdekaan Indonesia dari penjajahan pemerintah Kolonial Belanda yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Warga Desa Gagaksipat dalam mengenang dan memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur baik sebelum proklamasi atau pahlawan proklamasi mengadakan acara tirakatan sebelum melakukan upacara kemerdekaan keesokan harinya. Kegiatan tersebut dalam tataran kenegaraan adalah adanya pidato Presiden Indonesia kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta yang telah menjadi konvensi kenegaraan.

Malam Tirakatan 17 Agustus dapat menjadi potensi budaya lokal yang perlu dilestarikan oleh semua kalangan. Malam tirakatan warga Desa Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak pada tahun mengambil tema “Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Serta Kerukunan Antar Warga.

Acara ini dihadiri warga Desa Gagaksipat, karang taruna, perangkat desa serta kepala Desa Gagaksipat. Malam tirakatan dimulai pukul 19.00 WIB atau setelah salat Isya dan dimulai dengan berbagai kegiatan. Rangkaian kegiatan dalam malam tirakatan tersebut adalah Pembukaan acara Sambutan dari Ketua RT dan Kepala Desa hingga dterakhir pembacaan doa dan penutup hiburan musik dan pemberian hadiah pada lomba 17an.

BERITA LAINNYA
Sanitasi Sehat Warga Kuat
Senin 24 Juli 2017
Jalan Bagus Rezeki Lancar Terus
Senin 24 Juli 2017