Beranda / Berita / Jalan Beton Kesejahteraan Alami Perbaikan
Jalan Beton Kesejahteraan Alami Perbaikan
Senin 24 Juli 2017

Gagaksipat - Tujuan dari pembangunan dan pemberdayaan adalah kemandirian Desa. Karena itu dana Desa harus diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal Desa bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang disepakati melalui musyawarah desa dan diutamakan dilaksanakan secara swakelola.

Penyaluran dana menjadi hal terpenting untuk pembangunan desa yang lebih maju. Dengan berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa bahwa adanya kucuran dana milyaran rupiah langsung ke desa yang bersumber dari alokasi dana Desa yang merupakan bagian dari dana perimbangan yang diterima Kabupaten. Tujuan dari penggunaan dana desa adalah digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari dana desa pada dasarnya adalah mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dengan lebih memeratakan pendapatan

Program Dana Desa pada dasarnya untuk mempermudah pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan di pedesaan. Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab besar dalam memberdayakan masyarakat. Pembangunan berbasis pedesaan kini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah. Salah satu contoh pembangunan di pedesaan adalah proyek betonisasi jalan di Desa Gagaksipat. Pembangunan tersebut melibatkan semua warga masyarakat dan bersifat swadaya, adapun kondisi jalan sebelumnya ialah tanah sehingga ketika hujan jalanan menjadi becek, setelah dilakukan betonisasi diharapkan mampu memudahkan transportasi warga dalam kegiatan sehari-hari.

Kegiatan betonisasi jalan di Desa Gagaksipat menggunakan Dana Desa tahap II tahun anggaran 2016. Dana tersebut untuk betonisasi di dukuh Krangkungan RT 04 RW 06 dengan biaya Rp 16.937.500. Jalan sepanjang dukuh Jembangan-Gagaksipat menghabiskan pengeluaran Rp 42.327.500. Dukuh Gagaksipat RT 02 RW 04 biaya pengeluaran Rp 42.309.000 serta dukuh Gejigan RT 01 RW 11 biaya pengeluaran Rp 50.416.000.

BERITA LAINNYA
Sanitasi Sehat Warga Kuat
Senin 24 Juli 2017
Jalan Bagus Rezeki Lancar Terus
Senin 24 Juli 2017